Anak Medan Harus Naik Mowiee

"Ini Medan, Bung!" Hafal dengan slogan itu? Slogan tersebut sering kali diucapkan oleh kita—yang katanya—anak Medan. Namun, apakah kita telah menjadi sebenar-benarnya anak Medan? Silakan jawab dalam hati masing-masing, ya.

Jika pertanyaan itu ditujukan kepada aku yang dulu, jelas jawabannya, "Iyalah." Namun, tidak dengan aku yang sekarang. Setelah mengikuti kegiatan Tur Kota Medan Naik Mowiee, aku yang sekarang akan menjawab, "Ternyata aku tidak se-Medan itu, ya." Kenapa? Jelas karena minimnya pengetahuanku tentang tempat-tempat bersejarah di kota ini. 

Beruntungnya aku bisa berkeliling Kota Medan menaiki Mowiee beberapa waktu yang lalu bersama Komunitas BlogM. Jadi, pengetahuanku akan sejarah, khususnya sejarah Kota Medan bertambah banyak. Ya, walaupun kemungkinan besarnya akan terlupa kembali. Hehehe. 

Mowiee, Pertama di Indonesia

Kalian tahu apa itu Mowiee? Mowiee adalah Mobil Wisata Edukasi Entrepreneurship pertama yang ada di Indonesia. Mobil ini berbentuk mini bus dengan muatan kurang lebih 19 orang dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti AC, TV dan musik, CCTV. Kebersihan Mowiee juga terjaga dengan baik, meski mobil ini telah dipakai oleh banyak orang. Jadi, keamanan dan kenyamanan penumpang Mowiee pasti terjamin.

Sesuai dengan namanya, selama di perjalanan kita akan diberikan edukasi mengenai sejarah-sejarah yang ada di Kota Medan oleh pramuwisata (baca: tour guide). Misalnya, sejarah Masjid Raya Al-Mashun, Istana Maimun, Rumah Tjong A Fie, Lapangan Merdeka, Kantor Pos, dan lain sebagainya.

Tak Hanya Sejarah


Ya, tak hanya belajar mengenai sejarah. Bersama Mowiee kita juga akan diajak belajar mengenai bisnis atau entrepreneurship. Kita akan diajak singgah di salah satu UMKM yang ada di Kota Medan, yaitu Sirup Noerlen; melihat cara produksinya, hingga memanfaatkan sisa-sisa dari produksi tersebut.

Terakhir, kita diajak singgah ke Rumah Mowiee alias Sentra UMKM, tempat Mowiee dan kawan-kawannya produktif berproses. Di sana terdapat usaha digital printing. Kita akan diajari cara membuat berbagai produk, seperti pin, mug, kaus, dan suvenir lainnya. Asyiknya, setiap penumpang Mowiee akan diberi kesempatan untuk membuat pinnya sendiri. 


Seru sekali, bukan? Sudah berkeliling Kota Medan, menambah pengetahuan, dapat suvenir pula, terlebih lagi kegiatan ini tidak dipungut biaya satu rupiah pun.

Jadi, kapan kalian naik Mowiee? Anak Medan haruslah naik Mowiee! Cek informasi lebih lanjut di sini, ya.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Jadi makin menyenangkan sambil jalan-jalan bisa dapat edukasi juga. Bagus ini adanya mowiee dengan begitu yang ingin mengenal kota Medan bisa langsung teredukasi lewat mowiee.

    BalasHapus