Belajar Bahasa Asing Tanpa Pusing Bersama Duolingo

Bahasa asing menjadi salah satu momok menakutkan untuk sebagian orang, termasuk aku. Akan tetapi, mau tak mau, kita harus tetap mempelajarinya. Paling tidak satu bahasa asing, yakni bahasa Inggris.

Sebagaimana slogan Badan Bahasa Kemendikbud RI, "Utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing."

Duolingo si Obat Pusing

Bagiku pribadi, mempelajari bahasa asing itu membuat pusing. Karena aku sulit mengingat kosa katanya dan juga cara pengucapannya. Selain itu, guru/tutor yang tidak asyikndan mahalnya biaya les bahasa asing, biasanya menjadi satu dari sekian hal yang juga menambah kepusingan.

Namun, tidak lagi setelah aku belajar bersama Duolingo. Sebenarnya, sudah beberapa tahun belakangan aku mendengar nama aplikasi belajar ini. Hanya saja, aku terlalu skeptis dan malah berpikir, "Ah, paling kayak aplikasi belajar semacamnya. Ada video tutor gitu. Bayar mahal pula."

Ternyata Duolingo berbeda. Aplikasi ini memberikan pengalaman belajar bahasa asing yang seru. Bahkan, keponakanku yang masih berumur 4 tahun, tertarik saat melihatku belajar bahasa Arab di Duolingo. Dia bilang, "Itu Iqro, ya, Bu?"

Duolingo berbayar atau gratis?

Aplikasi ini menyediakan layanan belajar secara gratis. Namun, fitur yang bisa kita gunakan jadi terbatas, seperti nyawa yang akan habis apabila kita salah dalam beberapa level dan harus menunggu hingga esok hari untuk memulai lagi. Pun akan ada gangguan iklan di setiap sesinya.


Jika kamu ingin menghilangkan kendala-kendala tersebut, kamu bisa menggunakan beralih ke akun Super Duolingo yang berbayar. Ada dua pilihan, yakni paket individu dan paket keluarga.

Hal terbaik dari Super Duolingo adalah adanya ruang ulasan hari ini, yang mana di ruang tersebut kita bisa melihat kesalahan dan mendalami bagian yang kita inginkan.

Super Duolingo
Tampilan Super Duolingo

Oh, iya, sebagai pengguna baru, kamu bisa mencoba Super Duolingo secara gratis selama 2 minggu. Setelah itu, kamu akan diminta untuk membayar langganan atau berhenti dan kembali pada layanan gratis. Tenang saja, progres kamu tidak akan hilang.

Bahasa apa aja yang ada di Duolingo?

Sepengetahuanku, ada banyak bahasa yang bisa kita pelajari di Duolingo, jumlahnya mencapai puluhan. Di antaranya ialah bahasa Inggris, Arab, Jerman, Spanyol, Prancis, Italia, Jepagng, Korea, China, Rusia, dll.

Sebagai pemula di Duolingo, kita akan diarahkan untuk terlebih dahulu mempelajari bahasa Inggris. Setelah melalui beberapa tingkatan, barulah kita bisa memilih bahasa lainnya. Hal itu karena dalam pelajaran bahasa lainnya, bahasa pengantar yang dipakai adalah bahasa Inggris.

Kebayang kan bagaimana syulitttnya kalau kita langsung belajar bahasa Jepang dengan pengantar bahasa Inggris, tapi belum paham—minimal dasar—bahasa Inggris?

Terakhir, aku mau berbagi kesan selama belajar di Duolingo. Saat belajar di Duolingo, aku merasa terpacu untuk terus belajar dan belajar, minimal 15 menit per harinya. Hal itu tidak hanya untuk mengumpulkan poin, tetapi agar tidak ketinggalan dari teman lainnya.

Oh, iya. Kita bisa saling mengikuti teman-teman lain yang juga belajar di Duolingo, lo. Kemudian, kita bisa belajar bersama dalam sesi "Misi Teman". Sesi itu mengharuskan kita sama-sama berusaha untuk menyelesaikannnya. 

Untuk lebih lajut, silakan unduh dan rasakan sendiri bagaimana sensasinya, ya. Selamat mencoba dan semangat belajar!

Omong-omong, terima kasih untuk orang baik yang memberiku Super Duolingo Paket Keluarga. Semoga segera menjadi kepala keluarga, ya, xixixi. 🌻

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Aku sekarang belajar inggris, jepang, mandarin, korea, spanyol sama arab di duolingo. tapi sekarang dia lagi aku mute, soalnya aku angin-anginan semangatnya. pas balik-balik udah banyak 'telur retaknya' haha. tapi aku pernah aktifin yang untuk komit 7, 15 atau 30 hari itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iki juga baru mulai lagi, nih, Kak. Seminggu belakangan gasemoat 😭

      Hapus
  2. Kayaknya menarik ya kak, apalagi bs gratis hehe. Turki adakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, Mak Ibal. Skuy buruan unduh aplikasinya, Kak. 🥰

      Hapus