Satu Hari di Bandung? Ke Sini Aja!


Kamu hanya punya waktu sehari di Bandung? Dua tempat wisata ini bisa jadi pilihan untuk kamu kunjungi. Ya, Penangkaran Rusa Ranca Upas dan Kawah Putih Ciwidey. Keduanya termasuk ke dalam daftar tempat wisata populer di Bandung, lo.

1. Penangkaran Ranca Upas Bandung


Tempat wisata ini berada di daerah pegunungan. Tepatnya, di Jalan Raya Ciwidey–Patengan KM. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Berada di daerah pegunungan, membuat suasana di sana sejuk cenderung dingin. Pemandangannya sangat asri karena lingkungan hutan yang masih terjaga.

Di sepanjang perjalanan menuju lokasi, kita akan disuguhi dengan banyak kelokan serta pohon-pohon besar dan menjulang tinggi. Tetap berhati-hati, ya. Sebab akses jalan ke lokasi sedikit rusak.

Kalau berbicara tempat wisata, pasti akan selalu ada biaya retribusi alias tiket masuk. Nah, untuk masuk ke lokasi wisata Penangkaran Ranca Upas Bandung, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp20.000–Rp25.000 per orangnya.

Setelah itu, kamu bebas menggunakan berbagai fasilitas di sana, seperti toilet, parkiran, tempat ibadah, dll. Tentu hal yang tidak boleh terlewat adalah bermain bersama rusa dan mengabadikannya dalam bentuk sebuah foto/video.


Hanya saja, jika ingin dapat lebih dekat dengan si rusa, kamu harus memberinya makan dengan wortel yang dijual seharga Rp10.000–Rp20.000.

Puas bermain dengan rusa, perut kamu lapar? Tenggorokan kamu kering? Tenang, di sana ada beberapa warung yang menjual makanan-minuman untuk mengganjal perut dan melegakan tenggorokan.

Di tengah udara dinginnya Ranca Upas, kamu bisa makan mi rebus sambil minum kopi atau teh panas. Makin syahdu, kan? 

2. Kawah Putih Ciwidey


Tempat wisata ini berjarak 7 km dari Penangkaran Rusa Ranca Upas Bandung dengan waktu tempuh sekitar 15–20 menit. Terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat, tepatnya di kaki Gunung Patuha.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan sebuah kawah berwarna putih kehijauan yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Terdapat kandungan belerang yang besar di dasar kawah tersebut. Hal itu membuat atmosper di sekitar kawah terasa sedikit menyesakkan. Jika kamu ingin berlama-lama di area Kawah Putih Ciwidey, sebaiknya gunakan masker, ya.

Masuk ke Kawah Putih Ciwidey, kamu akan dikenakan biaya retribusi Rp30.000 di pintu awal masuk. Setelah itu, kamu sudah bisa menikmati keindahan ciptaan Tuhan, yakni Kawah Putih Ciwidey.

Namun, jika ingin berada di tengah-tengah kawah yang bisa kamu lewati melalui jembatan, kamu akan dikenakan biaya lagi. Di sana juga ada beberapa jasa foto berbayar yang harganya beragam.


Selamat berwisata satu hari di Bandung, ya! 

"Dan Bandung bagiku bukan hanya soal geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi." –Pidi Baiq

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Menikmati Bandung dari segala sudut memang menyenangkan banget ya,Ki. Duh jadi rindu deh bisa kembali kesana, sayangnya kakak itu enggak main kesini,dek,huhuh

    BalasHapus